Sharing Session “Bersahabat dengan Bencana”

Sharing Session “Bersahabat dengan Bencana”

Hidup di negeri yang memiliki berbagai potensi bencana membuat kita menjadi perlu selalu waspada disetiap aktivitas yang kita lakukan, dan membuat kita untuk selalu siap siaga bencana dimanapun dan kapanpun. Sharing Session yang membahas tentang “Bersahabat dengan Bencana” dibawakan oleh Pak Untung Tri W, M. Si selaku Manajemen Penanggulangan Bencana dan Peran Psikologi dalam Pengurangan Risiko Bencana di Indonesia dan Pak Budi Santoso, S. Psi selaku pendampingan Psikososial dalam Penanggulangan Dampak Bencana. Sharing Session yang dilaksanakan pada selasa 16/04/2019 di Teatrikal Syari’ah UIN Sunan Kalijaga dihadiri oleh jajaran dekanat dan dosen psikologi dan juga sharing session ini dibuka untuk umum.

Pada sharing session yang belangsung, Bapak Untung Tri menjelaskan beberapa prioritas dalam mengelola bencana dan siklus penanggulangan bencana. Siklus tersebut dibagi menjadi pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana. Bapak Untung juga menjelaskan tentang Psychological First Aid (PFA) sebagai keterampilan dalam mengurangi dampak negatif dan mencegah timbulnya gangguan mental yang lebih buruk karena situasi sulit seperti bencana alam. PFA meliputi beberapa hal seperti :

  1. Memberikan perawatan terapis serta dukungan yang tidak menganggu
  2. Membantu orang untuk memenuhi kebutuhan dasar
  3. Mendengar keluhan setiap orang, namun tidak memaksa untuk bercerita
  4. Menghibur dan membantu mereka untuk merasakan serta menemukan kebahagian

Bapak Budi Santoso, selaku pembicara kedua memberikan edukasi dalam menghadapi bencana, serta mengetahui siapa saja yang terkena dampak bencana tersebut. Ketika individu terkena bencana yang kehilangan keluarganya dan ia merasakan kesepian serta sedih yang mendalam. Korban yang selamat juga terkena dampak yaitu akan merasakan trauma yang mendalam. Relawan bisa terkena dampak sebab relawan juga menampung segala urusan yang terdapat pada bencana tersebut. (Nisrina / Rayi)

Berita Terpopuler